TABLE OF CONTENTS MS. WORD
LARGE, SMALL MAX DAN MIN MS. EXCEL
Dosen Pengampu : Ferry Heryadi, S. Pd.
I
Semester : IV. PAI. B
Disusun oleh: kelompok IV
1. Arfika
Falensi
2. Marlinda
3. Susteria
SEKOLAH
TINGGI ILMU TARBIYAH AL-QUR’AN
AL-ITTIFAQIAH
(STITQI)
INDRALAYA OGAN ILIR SUMATERA SELATAN
TAHUN
AKADEMIK 2017
A.
Ms. Word table of contens
Membuat Daftar Isi dengan Menggunakan
Table of Content Daftar isi digunakan untuk mempercepat pencarian dokumen dan
juga untuk mengetahui secara garis besar yang terdapat pada dokumen. Mungkin
anda sudah pernah membuat daftar isi dengan menggunakan tabs, nah pada tutorial
kali ini saya akan membahas membuat daftar isi dengan menggunakan table of
content. keunggulannya, dengan menggunakan table of content akan menghemat
waktu karena kita tidak perlu mengetik daftar isi akan tetapi kita harus
mempunyai contoh makalah, skripsi atau tugas akhir terlebih dahulu. Sebelum
membuat daftar isi kita seleksi terlebih dahulu isi teks pada makalah, skripsi
atau tugas akhir yang akan dibuat daftar isi.[1]
Berikut penjelasannya :
1. Langkah 1
Setiap
makalah, skripsi, ataupun tugas akhir pasti mempunyai judul (BAB I, BAB II
dsb), sub judul (1.1. atau A. dsb), sub sub judul (1.1.1 atau a. dsb)
Setiap Judul dijadikan Level 1
Sub Judul dijadikan level 2
Sub sub judul dijadikan level 3
Adapun langkah-langkah pembuatannya
adalah sebagai berikut :
· Seleksi teks terlebih dahulu
· Aktifkan tab reference
Membuat Level dalam Table of Content
2. Langkah 2
·
Untuk
membuat sub judul, seleksi teks yang dimaksud
·
Kemudian
lakukan hal yang sama seperti langkah diatas, lalu klik tombol level 2
Membuat Level dalam Table of Content
3. Langkah 3
Untuk membuat sub judul yang
lainnya, ikuti langkah yang sama seperti langkah diatas lalu klik tombol level 3.
·
Jika
sudah selesai melakukan seleksi terhadap judul dan sub judul, letakkan kursor
pada area yang kosong untuk membuat daftar isi
·
Pada
tab reference, klik tombol table of contents
·
Lalu
klik tombol automatic table 1
Kotak Dialog Table of Content
Maka bab dan sub bab yang telah
diberi level akan membuat daftar isi secara otomatis. Dan hasilnya akan seperti
gambar dibawah ini :
gambar 6 LANGKAH KEEMPAT
Tampilan Daftar Isi dengan
menggunakan Table of Content[2]
Ket :
·
Untuk
menambahkan level baru pada daftar isi, anda bisa lakukan dengan mengklik kanan
pada daftar isi, lalu pilih update
field, klik update entire table,
maka judul, sub bab atau sub sub bab baru akan muncul.
·
Sedangkan
untuk memperbaharui halaman, anda bisa lakukan dengan mengklik kanan pada
daftar isi, lalu pilih update field,
klik update page number only, maka
halaman baru akan diperbaharui.
B.
Membuat
Daftar Tabel
Membuat Daftar Gambar Untuk membuat daftar gambar
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
·
Masuk ke halaman pengeditan daftar isi
laporan pada Microsoft Word. Setelah itu pilih menu References.
·
Langkah selanjutnya adalah membuat caption
pada tiap gambar yang akan dibuat daftar gambarnya. Pada menu Captions silahkan
klik Insert Caption. Klik tombol New Label untuk membuat label
baru.
·
Setelah label baru dibuat pilih
judul gambar yang akan dibuat daftar gambarnya. Taruh kursor di antara judul
gambar lalu klik Insert Caption.
·
Pilih label yang
dimaksud lalu klik OK.
Pada saat membuat caption format penulisan
akan berubah. Tapi jangan khawatir, kita dapat memformatnya kembali setelah
menambahkan caption. Pada tutorial ini saya menamakan label dengan
"Gambar 4", karena gambar yang akan ditambahkan berada di bab 4. Jadi
disesuaikan dengan bab-nya, karena dibelakang caption gambar akan
ditambahkan nomor bertambah
nilanya, pada contoh di atas caption menjadi "Gambar 4 1"
karena itu adalah gambar pertama pada bab 4. Pemformatan judul gambar dapat
dilakukan setelah menambahkan caption. Pada caption di atas
"Gambar 4 1" dapat diedit menjadi "Gambar 4.1" dengan tanpa
menghapus nomor caption.
·
Hal yang perlu diperhatikan adalah
jangan menghapus nomor caption.
Jika hal tersebut dilakukan maka judul gambar tidak akan ditampilkan di
daftar gambar.
·
Untuk menampilkan hasilnya, pertama
pilih halaman kosong untuk daftar gambar. Lalu pada menu Captions silahkan
klik Insert Table of Figures. Hasilnya akan seperti berikut ini: Membuat
Daftar Tabel Langkah-langkah untuk membuat daftar tabel sama dengan pembuatan
daftar
1.1.Tabel
Nilai Siswa
NO.
|
Nama
|
Nilai
|
1.
|
Aril
|
765
|
2.
|
Andi
|
780
|
3.
|
Anies
|
756
|
4.
|
Wanda
|
766
|
5.
|
Dudi
|
776
|
6.
|
Dani
|
789
|
7.
|
Fatih
|
734
|
C.
Ms. Excel Small, Large Max Dan Min
Max
dan Min yaitu digunakan untuk mencari data nilai Max
(paling besar) dan Min (paling kecil). Selanjutnya pada kesempatan ini admin
akan membahas bagaimana jika kita ingin mencari data paling besar dan paling
kecil tapi diurutan ke 2, 3, 4 dst. Rumus yang kita gunakan yaitu rumus Excel
Large dan Small.
Dalam mencari nilai terbesar dan
terkecil beserta urutannya ialah dengan menggunakan Rumus Excel Large dan
Small. Jika dibandingkan dengan fungsi MAX dan MIN, tentu ada bedanya. Fungsi
MAX dan MIN hanya bisa untuk mencari nilai paling besar dan nilai paling kecil.
Lalu, fungsi LARGE dan SMALL dapat mengurutkan angka-angka baik mulai dari
nilai tertinggi maupun dari nilai terendah sesuai yang diinginkan.
Misalnya, seorang guru yang ingin
mencari peringkat 1 sampai 30 dalam satu kelas. Bila menggunakan cara manual,
bisa saja terjadi kekeliruan karena tidak teliti. Namun, dengan menggunakan
fungsi LARGE dan SMALL, urutan siswa yang mendapat peringkat satu sampai
terakhir dapat diketahui dalam waktu yang cepat dan ketelitiannya tidak
diragukan lagi.
Gunakanlah fungsi LARGE jika kamu
ingin mendapatkan data dari yang tertinggi sampai terendah secara urut.
Kemudian, jika ingin mengurutkan nilai terendah sampai tertinggi, maka gunakan
fungsi SMALL. [3]
Fungsi LARGE dan SMALL cukup mudah dalam
mengunakannya. Berikut ini
cara
penulisannya:
·
=SMALL(array,k),
fungsi ini untuk mencari nilai kecil
·
=LARGE(array,k),
fungsi ini untuk mencari nilai besar
Keterangan fungsi yaitu:
Array : diisi dengan sel yang berisi
rentang data yang ingin dicari. Baik ingin
mencari nilai urutan terbesar ke
sekian atau urutan terkecil ke sekian.
K : urutan ke sekian terbesar atau
terkecil dari data yang ingin dicari. Misalkan
pada Large,
·
jika
k = 1 artinya urutan terbesar ke-1,
·
jika
k = 2 artinya terbesar ke
Sedangkan pada SMALL misalkan jika k
= 4 artinya terkecil ke 4.
Berikut
ini cara penggunaan fungsi SMALL dan LARGE yang bisa kamu perhatikan:
·
Anggap
saja gambar berikut ini merupakan data yang ingin dicari urutannya
Gambar di atas merupakan data-data nama siswa yang akan
dicari peringkat 1 sampai 5 berdasarkan jumlah nilai yang diraih.
1. Setelah itu, letakkan kursor pada H4
agar hasilnya muncul pada sel tersebut. Kemudian tulis fungsi
=LARGE($C$4:$C$12;1), tekan enter. Maka akan muncul jumlah angka yang terbesar.
Anda juga dapat menggantikan nilai k dengan Row()-3 dimana Row() di sini akan
menghasilkan posisi baris di mana Rumus Excel Large diletakkan. Misal rumus
Row() di letakkan baris ke-4 kolom H. Jika kita ketik =Row() di H4 maka akan
menghasilkan nilai 4. Cara seperti ini akan memudahkan jika kita ingin menarik
rumus ini sampai baris selanjutnya. Jadi rumus dapat ditulis ulang menjadi
sebagai berikut =LARGE($C$4:$C$12;Row()-3). Kita kurangi Row() dengan 3 agar
urutan dimulai dari urutan 1 karena Row() ini awalnya berada pada posisi baris
ke-4.
2. Ulangi lagi dengan menempatkan
kursor pada H5 dan tulis fungsi seperti di atas. Maka nilai terbesar ke 2 akan
muncul. Ulangi hal yang sama pada beberapa sel sesuai dengan yang kamu
butuhkan. Anda juga dapat langsung menarik rumus di atasnya sampai dengan baris
ke-11. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut ini.
Gambar di atas menunjukkan bahwa
jumlah dari terbesar sampai terkecil secara urut. Dengan begitu, peringkat 1 diraih
oleh Dani. Peringkat 2 diraih oleh Andi dan seterusnya.
Untuk menggunakan fungsi SMALL juga
sama dengan cara penggunaan fungsi LARGE. Bentuk fungsi tersebut yaitu
=SMALL($C$4:$C$12;1). C4 dan C12 merupakan nilai pada sel yang akan diurutkan.
Ketika menggunakan fungsi tersebut, silahkan sesuaikan dengan nama sel di mana
data tersebut berada.
Demikianlah pembahasan mengenai cara
menggunakan Rumus Excel Large dan SMALL untuk mencari urutan nilai terbesar
atau terkecil. [4]
table-of-content/Pada
tanggal 16 Maret 2017. Pukul: 10:02 WIB
[2]di
akses dari https://adgliveinfo.wordpress.com/2013/04/15/membuat-table-of-content-table-of-figure-list-of-table/
pada tanggal 16 Maret 2017. Pukul: 10:15 WIB
[3]
Buku LKS Di Terbitkan Oleh
Grahadi, Hlm 33
[4] Andi Purnomo,Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta, Yudhistira, 2007) Hlm
133
Tidak ada komentar:
Posting Komentar